10 Kuliner Lokal Vietnam Wajib Anda Coba

10 Kuliner Lokal Vietnam Wajib Anda Coba

Masakan Vietnam menggunakan bahan-bahan segar dan tidak mengandung banyak minyak atau susu, menjadikannya salah satu masakan sehat di seluruh dunia – bahan umum termasuk saus ikan, kecap, nasi, mie, bumbu segar, buah-buahan, sayuran, dan protein berbeda. Jika Anda pernah makan phở (dilafalkan seperti fuh), Anda tahu itu adalah jenis sup yang dapat membuat Anda kembali. Sup lezat, mirip dengan mie ayam, dikemas dengan rasa. Namun, ada begitu banyak hidangan Vietnam lainnya wajib Anda coba.

Tidak tahu harus mulai dari mana? Berikut adalah 10 kuliner lokal Vietnam wajib Anda coba!

Goi Cuon

Banyak orang yang akrab dengan lumpia goreng, tetapi Gỏi Cuốn adalah alternatif yang lebih ringan dan sehat. Lumpia segar terdiri dari mie sohun tipis, daging babi, udang, selada, dan mint, semua dibungkus rapat dengan kertas beras tembus cahaya. Karena rasanya yang ringan, mereka biasanya dicelupkan ke dalam saus kacang atau ikan.

Cao Lau

Saat menjelajahi kota-kota kuno Vietnam, mencoba Cao Lầu adalah suatu keharusan. Hidangan Mi Hội An ini atasnya dengan daging babi, kerupuk nasi renyah, rempah-rempah, dan beberapa bumbu segar dan selada. Sedikit kaldu terletak di bagian bawah mangkuk; tekstur dan warna hidangan membedakannya dari masakan mie Vietnam lainnya.

Bun Bo Xao

Bún Bò Xào adalah salad mie di Vietnam, ini dianggap sebagai makanan ringan dan bukan hidangan pembuka. Disajikan berlapis-lapis, hidangan ini terdiri dari mie beras, sayuran, daging sapi yang telah direndam dalam sereh, kacang panggang, bawang goreng renyah, dan banyak rempah segar seperti ketumbar, lemon, kemangi, dan mint.

Com Tam

Com Tam, juga dikenal sebagai nasi pecah, secara tradisional disajikan dengan telur goreng, babi panggang, udang, atau daging sapi, dan keduanya sayuran segar dan acar. Ini hidangan populer untuk sarapan atau makan siang dan merupakan pilihan yang sangat murah. Pasar jalanan dan kios makanan menjualnya seharga VND 20.000!

Banh Mi

Bánh Mì adalah roti lapis Prancis-Vietnam populer yang cocok untuk perbaikan cepat saat bepergian. Disajikan di atas roti baguette, yang meskipun terlihat seperti roti Prancis, rasanya lebih manis! Roti yang berfungsi sebagai fondasi sandwich diperkenalkan ke Vietnam pada pertengahan abad ke-19 ketika Vietnam adalah bagian dari Indocina Prancis. Di antara baguette ada acar sayuran, pate, mentega, kecap, ketumbar, cabai, dan cabai. Anda akan menemukan banyak variasi dalam hal sandwich ini.

Pho

Phở bisa dibilang hidangan Vietnam paling populer di dunia. Ada dua opsi utama: ayam (Phở Ga) dan daging sapi (Phở Bo). Selain daging, semangkuk phở berisi mie beras (untuk hidangan ini dinamai demikian), tauge, irisan jeruk nipis, ketumbar, kemangi, kemangi, mint, dan irisan bawang. Jika Anda suka kaldu akan sedikit lebih beraroma, Anda dapat menambahkan saus cabai dan jalapeño untuk memberikan sedikit tendangan.

Bun Cha

Berasal dari Hanoi, hidangan mie ini adalah salah satu yang paling populer di ibu kota! Roti kecil dari daging babi dan perut babi dibumbui di atas arang. Hidangan disajikan dengan berbagai saus sehingga Anda dapat memilih. Daging kemudian disajikan dengan bumbu, sepiring mie sohun, dan chả giò (gulungan kertas nasi goreng).

Banh Xeo

Bánh Xèo adalah krep gurih yang terbuat dari tepung beras dan bubuk kunyit, yang kemudian diisi dengan daging babi, udang, dan tauge. Banyak yang memilih untuk membungkusnya dengan selada dan mencelupkannya ke dalam saus ikan untuk membuatnya lebih tajam.

Bun Bo Hue

Kadang-kadang disebut sebagai Bún Bò, sup manis dan pedas ini sangat cocok untuk hari yang dingin! Kaldu sapi disiapkan dengan serai, pasta udang, gula, minyak cabai dan kemudian ditambahkan ke semangkuk mie beras, berbagai daging, jeruk nipis, dan rempah-rempah. Ini kombinasi sempurna antara manis, asin, dan pedas, semuanya dalam satu hidangan.

Bo Kho

Diucapkan “baw-khaw,” hidangan ini adalah versi Vietnam dari Boeuf Bourguignon Perancis. Terdiri dari betis dan tendon daging sapi yang direbus dalam sereh dan kaldu rasa lima rempah, Anda biasanya mencelupkan sepotong roti bánh mì ke dalam saus sebelum berpesta daging dan sayuran. Anda juga bisa mendapatkannya sebagai hidangan berbasis mie – ini dikenal sebagai Mì Bò Kho.