Tips Perjalanan Untuk Backpacking di Asia Tenggara

Tips Perjalanan Untuk Backpacking di Asia Tenggara

Ada beberapa backpacker yang menjelajahi Asia Tenggara selama beberapa dekade. Bahkan, banyak rute tujuan sangat populer di kalangan wisatawan beranggaran terbatas yang biasanya dianggap sebagai bagian dari ‘Jalur Backpacker’ di kawasan ini.

Meskipun ada beberapa variasi di seluruh wilayah, ini umumnya menjadi tujuan populer karena relatif aman dan murah untuk dikunjungi. Ada banyak kegiatan untuk dinikmati dan beberapa atraksi alam dan sejarah yang menakjubkan.

Jika Anda berpikir untuk melakukan perjalanan pertama Anda ke wilayah ini, berikut adalah tips perjalanan untuk backpacking di Asia Tenggara!

Perencanaan Tujuan & Tujuan Utama

Ketika datang untuk mengatur penerbangan ke wilayah tersebut, kebanyakan orang akan memesan satu kaki ke satu bagian dari negara itu dan kemudian penerbangan kedua pulang dari bagian lain dari Asia Tenggara. Anda perlu memeriksa untuk memastikan tiket Anda dapat diubah, karena banyak orang akan menemukan bahwa perjalanan mereka menjadi lebih lama semakin banyak waktu yang mereka habiskan di wilayah tersebut.

Ada banyak pemandangan menakjubkan di kawasan ini, jadi pastikan Anda telah melakukan riset dan merencanakan rute yang mengambil tempat-tempat wisata ini, seperti Angkor Wat, Ha Long Bay, dan Bali.

Anggaran untuk Perjalanan Anda

Salah satu daya tarik besar bagi banyak orang adalah bahwa backpacking di Asia Tenggara relatif murah, dan jika Anda sangat sadar anggaran, Anda dapat mengelola anggaran serendah $20 sehari. Namun, untuk memberikan diri Anda beberapa kemewahan dan kegiatan, jika Anda menganggarkan sekitar $40 sehari, ini akan memberi Anda banyak kegiatan dan kamar yang nyaman di sebagian besar wilayah.

Beberapa negara lebih mahal daripada yang lain. Sebagai patokan, Thailand, Kamboja, dan Malaysia (di luar Kuala Lumpur) adalah di antara tempat termurah untuk dijelajahi, sementara Singapura dan Brunei pada umumnya adalah negara yang lebih mahal di kawasan ini.

Jadwal Acara dan Iklim untuk Tahun Ini

Satu hal yang patut dipertimbangkan adalah mencoba menyatukan jadwal Anda dengan beberapa acara terbesar di kalender. Baik itu Thailand untuk Songkran pada bulan April atau Laos untuk Festival Rocket Boun Bang Fai pada bulan Mei, Anda pasti akan memiliki pengalaman yang luar biasa.

Ini dapat membantu memberikan titik fokus untuk perjalanan Anda dan juga bisa menjadi sorotan yang relatif murah karena merupakan acara komunitas besar ketika semua penduduk setempat cenderung terlibat. Kebanyakan orang yang bepergian di wilayah tersebut akan merencanakan perjalanan mereka untuk menghindari musim hujan di wilayah tersebut, yang biasanya dimulai pada bulan Mei di mana badai dan curah hujan meningkat hingga puncaknya pada periode Agustus hingga Oktober sebelum kembali ke musim kemarau di November.

Berkeliling Wilayah

Di luar beberapa kota besar seperti Bangkok, sebagian besar negara memiliki transportasi umum yang cukup terbatas, sehingga sebagian besar perjalanan darat akan dilakukan dengan perusahaan bus swasta. Wisata pulau di Filipina dan Thailand dapat dilakukan dengan biaya murah dengan menggunakan kapal feri.

Lihatlah untuk menggunakan bus yang lebih modern dan lebih aman di mana mungkin, dan telitilah perusahaan lokal untuk mencari tahu mana yang memiliki pengemudi paling aman dan perusahaan mana yang tidak mengemas terlalu banyak orang di setiap bus. Jalan-jalan di sebagian besar Asia Tenggara paling berbahaya, walaupun dimungkinkan untuk menyewa sepeda motor dan mobil dengan biaya yang tidak mahal. Jika Anda berencana untuk menyewa sepeda motor, bersiaplah untuk berkendara defensif, dan pastikan Anda memiliki tingkat asuransi yang tepat.

Akomodasi

Bergantung pada seberapa jauh Anda ingin meregangkan anggaran, Anda akan menemukan hostel yang menawarkan tempat tidur di bawah $10, dan kamar pribadi juga biasanya tersedia sekitar $20 dolar per malam untuk kamar ganda.

Yang terbaik adalah memesan kamar untuk satu atau dua malam sebelum kedatangan Anda, tetapi kemudian mencari-cari untuk menemukan penawaran terbaik begitu jet-lag memudar. Anda dapat meregangkan anggaran Anda di Asia Tenggara karena wilayah ini menawarkan akomodasi murah yang layak.

Memahami Norma Budaya

Sulit untuk menggeneralisasi tentang seluruh wilayah dunia dengan norma budaya dan perilaku tabu. Jadi, penting untuk memahami apa yang harus dilakukan dan tidak dari setiap tujuan yang Anda kunjungi. Pastikan untuk mengetahui apakah beberapa budaya lebih konservatif dalam pakaian mereka, atau jika bisnis tutup pada hari-hari tertentu dalam seminggu atau untuk liburan mendatang.

Salah satu perbedaan budaya yang lebih nyata yang mungkin Anda temui adalah makanan di Asia Tenggara. Jangan takut makanan jalanan! Sementara beberapa barang mungkin agak berani untuk selera konservatif, lewati restoran turis dan lakukan seperti yang dilakukan penduduk setempat – hemat uang dengan makan dari pedagang kaki lima!

Pelajari Susunan Kata dalam Bahasa Setiap Negara yang Anda Kunjungi

Banyak tempat yang Anda tuju di Asia Tenggara, seseorang akan berbicara bahasa Inggris. Tetapi di negara-negara tertentu yang jarang dikunjungi oleh pengunjung, Anda mungkin menghadapi kendala bahasa.Anda juga mungkin tidak terbiasa dengan bahasa tertulis dari tujuan-tujuan ini, jadi penting untuk melatih pelafalan yang tepat dan menuliskan beberapa susunan kata sebelum Anda tiba.

Aplikasi seperti iTranslate Voice sangat membantu karena Anda dapat berbicara ke dalam aplikasi dalam satu bahasa dan itu akan menerjemahkan, mengetik dan mengucapkan kata dan susunan kata dalam bahasa lain pilihan Anda. Ini memiliki sejumlah bahasa yang diterjemahkan tetapi mencakup bahasa Thailand, Vietnam dan Indonesia.

Persyaratan Visa di Asia Tenggara

Sebagian besar negara di Asia Tenggara akan mengeluarkan visa pada saat kedatangan untuk traveler Amerika, biasanya selama tiga puluh hari, dengan Vietnam dan Myanmar memerlukan visa terlebih dahulu. Pastikan Anda meneliti persyaratan visa (dan biaya masuk dan keluar) untuk semua negara di rencana perjalanan Anda sebelumnya, hanya untuk menghindari kecelakaan.

Ikuti Aliran dan Nikmati!

Saat Anda sedang backpacking, selalu ada kemungkinan ada yang salah. Namun, sebagian besar waktu, bukan apa-apa yang tidak memiliki solusi yang mudah. Anda dijamin akan bertemu banyak traveler dan backpacker lain di Asia Tenggara, jadi bersikap ramah dan terbuka terhadap perubahan rencana dengan keinginan untuk ikut serta dalam petualangan baru. Jadilah cerdas tentang keselamatan Anda, ikuti arus dan lakukan salah satu perjalanan paling luar biasa dalam hidup Anda!