Waktu Terbaik Untuk Travel ke Sri Lanka

Waktu Terbaik Untuk Travel ke Sri Lanka

Terletak di ujung selatan India, berada di pulau tropis Sri Lanka. Duduk sebagai pulau ke-25 terbesar di dunia, pulau kecil ini memiliki daya tarik yang luar biasa. Meskipun relatif kecil, ia mengalami dua musim hujan yang berbeda dengan beberapa “tepi” bulan antara keduanya. Karena itu, cuaca adalah bagian besar dari memilih kapan untuk mengunjungi suaka tropis ini dan menggunakan cuaca untuk membantu Anda menavigasi perjalanan Anda.

Berikut adalah waktu terbaik untuk travel ke Sri Lanka!

Januari Hingga April

Walaupun ini mungkin tampak seperti rentang waktu yang panjang, Januari hingga Maret adalah salah satu waktu terbaik untuk mengunjungi Sri Lanka, terutama pantai barat dan selatan. Sementara suhu tetap cukup konstan sepanjang tahun, Desember hingga Maret berada di antara dua musim hujan (di pantai barat dan selatan). Musim Maha Monsun menghantam pantai timur dari Desember hingga Maret, jadi yang terbaik adalah menghindari sisi pulau ini selama beberapa bulan.

Sri Lanka dikenal karena pantainya sehingga jika Anda ingin duduk dan bersantai di kursi pantai, Januari hingga Maret akan membawa sinar matahari dan cuaca yang lebih kering (meskipun hujan tidak boleh disingkirkan). Ditambah lagi, ada peluang besar bahwa Anda akan dapat melihat Paus Biru dan Paus Sperma. Maret juga merupakan waktu yang indah untuk mengunjungi The Central Hills, daerah pegunungan yang terletak di bagian selatan-tengah pulau. Perbukitan mencapai lebih dari 300 m dan mencakup lebih dari 20% dari total wilayah Sri Lanka.

Karena ini adalah bulan-bulan terkering, mereka adalah yang paling populer di kalangan wisatawan sehingga mengharapkan pantai yang lebih ramai, situs, dan hotel bersama dengan harga yang lebih tinggi. Pesanlebih awal untuk menghindari harga yang lebih tinggi dan untuk mendapatkan hotel yang Anda inginkan.

Mei Hingga Oktober

Jika berkunjung selama bulan-bulan ini, Anda akan ingin tetap berada di sisi utara atau timur pulau tempat Anda akan menemukan lebih banyak sinar matahari. Musim Yala Monsoon membawa hujan ke pantai barat dan barat daya bersama dengan negara pegunungan. Bahkan di bagian pulau yang lebih kering, Anda akan menemukan bahwa kelembapan yang tak tertahankan telah dimulai.

April hingga Oktober berada tepat di antara dua musim monsun sehingga cuaca bisa sedikit tidak terduga. Ini dikenal sebagai antar-musim. Anda mungkin mengalami campuran hari-hari hujan dan hari-hari cerah. Untungnya, Anda tidak akan merasakan kelembapan karena angin laut di pantai. Bahkan, rencana perjalanan yang disusun dengan baik akan berarti bahwa Anda bahkan tidak akan menyadari cuaca buruk yang terjadi di sisi lain pulau.

November Hingga Desember

November biasanya datang dengan musim angin timur laut yang berarti bahwa mayoritas pulau akan melihat hujan. Jumlah hujan yang mungkin Anda temui cenderung berubah setiap tahun sehingga sulit untuk menentukan bagaimana cuaca ini dapat memengaruhi perjalanan Anda. Untuk meminimalkan jumlah hujan yang Anda temui, tetap di selatan negara itu, di mana pantai-pantai cenderung tidak melihat hujan.

Cuaca di bulan Desember juga sedikit tidak terduga. Biasanya tergantung pada kapan musim hujan berakhir. Ini bisa menjadi bulan yang baik untuk melakukan perjalanan ke Sri Lanka jika hujan turun pada akhir bulan November atau hujan akan berlangsung lebih lama.

Terlepas dari apakah hujan berakhir atau tidak, secara keseluruhan, Desember adalah bulan yang baik untuk dikunjungi. Hujan telah membantu lanskap hijau subur berkembang dan jika matahari bersinar, itu adalah cuaca pantai yang sempurna.